Paging

Kamis, 08 Oktober 2015

Amalan di Hari Senin dan Kamis

Berikut ini salah satu keutamaan pada hari Senin dan Kamis berdasarkan hadits-hadits shohih dari Rosul shallallahu alaihi wassalam.


Pada hari Senin dan Kamis pintu-pintu Surga dibuka. Dan pada saat itu dosa-dosa dan kesalahan orang-orang yg beriman diampuni oleh Allah, kecuali dua orang mukmin yg sedang bertikai dan bermusuhan, maka pengampunan dosa dan kesalahan mereka berdua ditunda sampai mereka berdamai.

Hal ini berdasarkan hadits shohih berikut ini:

» Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

Artinya: “Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka setiap hamba yang tidak pernah berbuat syirik kepada Allah sedikit pun akan diampuni (oleh Allah pada hari tersebut), kecuali seseorang yang memiliki permusuhan.

Adapaun permusushan yang dimaksut adalah permusuhana antara dirinya dan saudaranya. Maka akan dikatakan (oleh Allah kepada para malaikat pencatat amalan), “Tundalah (pengampunan dosa dan kesalahan mereka berdua), sehingga mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim no. 2565).

» Note:
Untuk meraih pengampunan dosa dan kesalahan pada hari Senin dan Kamis disyaratkan 2 hal, yaitu:

1. Orang mukmin tsb adalah Ahli Tauhid, dan tidak pernah berbuat syirik atau menyekutukan Allah dgn sesuatu apapun. Atau ia sudah bertaubat dari segala macam bentuk kemusyrikan.

2. Tidak memiliki permusuhan dengan saudaranya sesama muslim karena urusan dunia. Adapun permusuhan karena urusan agama dan dlm rangka membela Allah dan Rasul-Nya (Al-Quran dan As-Sunnah), seperti permusuhan kita dgn para penganut agama Syi’ah Rofidhoh, Jaringan Islam Liberal, Ahli Bid’ah dan pengekor hawa nafsu yg merusak kemurnian Syari’at Islam, maka hal ini tidak menghalangi seorang mukmin utk meraih pengampunan dosa dari Allah, in syaa ALLAH.

Sudah selayaknya sebagai umat muslim jangan sampai kita menciptakan permusuhan, apalagi permusuhan yang dikarenkan oleh urusan dunia. Mari kita ciptakan rasa persaudaraan yang penuh damai dan cinta kekasih antar sesama muslim dan juga lainnya.

Sekali lagi Semoga kita semua selalu menjadi orang yang beruntung di dunia dan akhirot.

Sumber Artikel ini diadaptasi melalui abufawaz.wordpress.com/2014/12/18/meraih-keutamaan-hari-senin-dan-kamis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar