Paging

Rabu, 14 Oktober 2015

Rasa Tanggung Jawab


Tanggung jawab seorang berkaitan erat dengan kewajiban yang dibebankan padanya. Semakin tinggi kedudukannya di masyarakat maka semakin tinggi pula tanggungjawabnya. Seorang pemimpin negara bertanggung jawab atas prilaku dirinya, keluarganya, saudara-saudaranya, masyarakatnya dan


“Wahai orang-orang mukmin peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” (At Tahrim 6)

Rasululah saw bersabda : “Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban atas kepemimpinannya..”(Al Hadit)

Dapat kita katakan bahwa masing-masing dari diri yang hidup di muka bumi ini adalah individu yang memiliki rasa tanggung jawab. Contoh kecil ketika orang tua menyekolahkan anak-anak yang mereka miliki. Hal tersebut merupakan rasa tanggunga jawab yang orang tua kepada anakNya untuk mendapatkan pendidikan yang baik.

Atau contoh yang lebih besar lagi seseorang yang memimpin suatu negara. Ketika dia telah terpilih maka tanggung jawab yang ia miliki sangatlah banyak. Berbagai masalah negara merupakan tanggung jawab yang harus ia pikul.
Bagi seorang pemimpin dalam level apapun akan dimintai pertanggungjawabannya dihadapan Allah atas semua perbuatannya beserta apa yang terjadi pada rakyat yang dipimpinnya. Hal Baik maupun buruknya keadaan rakyat.Sedangkan bagi eeroang mukmin yang cerdas tidak akan menerima kepemimpinan itu kecuali dengan ekstra hati-hati dan senantiasa akan mempeprbaiki dirinya, keluarganya dan semua yang menjadi tanggungannya.

Catatan yang ingin saya sampaikan apabila seseorang telah diberikan kepercayaan untuk memimpin ia sudah tau pasti akan tanggung jawab yang dimiliki. Baik itu tanggung jawab ketika di dunia maupun di akhirot.Sebagai rakyat yang dipimpin marilah kita sama-sama untuk saling mendukung agar pemimpin kita bisa selalu amanah. Sehingga rasa tanggung jawab yang dimiliki bisa menjada amal ibadah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar