Paging

Jumat, 02 Oktober 2015

Kewajiban Orang Tua



"Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian dan ahli kalian dari api neraka."

Bagi orang tua,anak merupakan nikmat dan pastinya anugerah yang besar dari allah. Seorang anak juga berpotensi mengalirkan pahala dan hiasan hidup di dunia. Anak merupakan buah cinta dab harapan bagi para orang tua. Mereka ibarat ranting yang rindang, bunga yang indah, penyejuk hati, permata hati. Kita mendidik anak sewaktu mereka masih kecil, yang tujuannya saat mereka dewasa nanti dapat menjadi orang yang berguna selain bagi orang tua juga bagi nusa dan bangsa. 

Seperti sabda nabi SAW :
Ketika seseorang masuk ke surge dia menanyakan tentang keduaorangtuannya, istrinya dan anaknya. Maka dikatakan, “Sesungguhnya mereka tidak sampai pada derajatmu.” Dia berkata, “Ya Tuhanku, sungguh aku telah beramal untuk diriku dan keluargaku.” Maka perintahkan (kepada malaikat) untuk menyusulkan mereka kepadanya.

Hikmah yang dapat kita ambil dari salah satu riwayat nabi diatas, yaitu orang tua (keluarga) merupakan “Sekolah” pertama bagi tumbuh  kembang anak selanjutnya. Pembinaan terhadap anak tersebut meliputi beberapa pembinaan, diantaranya pembinaan fisik, mental, tata karma dan pendidikan.

Bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar