Paging

Kamis, 01 Oktober 2015

Keterampilan berfikir



Keterampilan berfikir adalah proses mental yang diterapkan ketika kita berusaha untuk memahami suatu pengalaman tertentu. Keterampilan berfikir memungkinkan kita untuk membuat hubungan atau mengintegrasikan setiap pengalaman baru ke dalam sebuah proses untuk melakukan hal-hal seperti : memecahkan masalah, membuat keputusan, mengajukan pertanyaan, membangun rencana, mengevaluasi ide-ide, mengatur informasi atau menciptakan objek. Keterampilan berfikir akan membantu kita untuk belajar lebih banyak dari informasi dan pegalaman yang kita alami dan membuat kita kebih baik dalam menggunakan kecerdasan.
Manfaat melatih keterampilan berfikir diantaranya :

  • Mengelola informasi menjadi pengetahuan, sehingga membangun sikap-sikap, nilai-nilai, keterampilan untuk memecahkan masalah.
  •  Merenungkandari pengalaman yang telah dan sedang terjadi, merenungkan sebab dan akibatnya, dan memikirkan pemecahan masalahnya.
  • Mengembangkan kebiasan bertanya sabagai wujud dari kritisnya pemikiran kita tentang suatu pengalaman dan fenomena yang sedang terjadi di masyarakat, baik pada masa lalu, masa kini maupun masa yang akan datang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar