Paging

Sabtu, 15 November 2014

Jemaat Kristen di Gereja Serentak Masuk Islam

Kisah Nyata Seorang Pemuda Arab yang Menimba Ilmu di Amerika, Rabu 22 Feb 2006.

Ada seorang pemuda arab yang menyelesaikan bangku kuliahnya di Amerika. Pemuda ini adalah salah satu orang yang diberi nikmat oleh Allah berupa pendidikan agama islam. Bahkan, dia mendalaminya. Selain belajar dia juga menjadi juru dakwah islam. Di amerika dia berkenalan  dengan salah seorang nasrani. Hubungan mereka semakin akrab, dia berharap semoga Allah SWT memberi temannya hidayah untuk masuk islam. 

Pada suatu hari, mereka berjalan-jalan di sebuah perkampungan di Amerika dan melewati sebuah gereja yang ada di kampung tersebut. Temannya itu meminta agar dia turut masuk ke dalam gereja. Semula dia berkeberatan. Namun karena temannya terus mendesak, akhirnya pemuda itupun memenuhi permintaan temannya, lalu ikut masuk ke dalam gereja dan duduk disalah satu bangku dengan hening sebagaimana kebiasaan mereka. Ketika pendeta masuk, mereka serentak berdiri untuk memberikan penghormatan lantas kembali duduk. Saat itu, pendeta agak terbelalak dan berkata, “Di tengah kita ada seorang muslim, aku harap dia keluar dari sini”. 

Pemuda itu tidak bergeming dari tempatnya.  Pendeta tersebut mengatakan hal yang sama berkali-kali, namun pemuda itu tetap tidak bergeming dari tempatnya. Hingga akhirnya pendeta tersebut berkata, “Aku minta dia keluar dari sini, dan aku menjamin keselamatannya”. Barulah pemuda ini keluar. Di ambang pintu dia bertanya pada sang pendeta, “Bagaimana anda tau bahwa saya seorang muslim?” pendeta itu menjawab, “Dari tanda yang terdapat di wajahmu”. Kemudian dia beranjak keluar. Namun sang pendeta ingin memanfaatkan keberadaan pemuda ini  yaitu dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Tujuannya untuk memojokkan pemuda tersebut, sekaligus mengokohkan markasnya. Pemuda muslim itupun menerima tantangan debat tersebut. 

Sang pendeta berkata, “aku akan mengajukan kepada anda 22 pertanyaan dan anda harus menjawabnya dengan tepat dan simple. Pemuda itu tersenyum dan berkata, “silahkan”. Sang pendeta pun langsung bertanya:
  1. Sebutkan 1 yang tiada duanya
  2. 2 yang tiada 3 nya
  3. 3 yang tiada 4 nya
  4. 4 yang tiada 5 nya
  5. 5 yang tiada 6 nya
  6. 6 yang tiada 7 nya
  7. 7 yang tiada 8 nya
  8. 8 yang tiada 9 nya
  9. 9 yang tiada  10 nya
  10. Sesuatu yang tidak lebih dari 10
  11. 11 yang tiada 12 nya
  12. 12 yang tiada 13 nya
  13. 13 yang tiada 14 nya
  14. Sebutkan sesuatu yang dapat bernafas namun tidak memiliki ruh
  15. Apa yg dimaksud dengan kuburan berjalan membawa isinya
  16. Siapakah yang berdusta namun masuk ke dalam surga
  17. Sebutkan sesuatu yg diciptakan Allah namun Allah tidak menyukainya
  18. Sebutkan siapa yg diciptakan Allah dengan tanpa ayah dan ibu
  19. Siapakah yang tercipta dari api? Siapakah yg diazab dg api? Dan siapakah yang terpelihara dari api?
  20. Siapakah yg tercipta dari batu? Siapakah yg diazab dengan batu? Dan siapakah yang terpelihara dari batu?
  21. Sebutkan sesuatu yg diciptkan Allah dan dianggap besar?
  22. Pohoh apakah yg memiliki 12 ranting? Setiap ranting memiliki 30 daun, setiap daun mempunyai 5 buah, 3 dibawah naungan, dan 2 dibawah sinar matahari
Mendengar pertanyaan2 tersebut, pemuda tersenyum dengan senyum penuh keyakinan pada Allah. Setelah membaca basmallah, dia berkata:
  1. Sebutkan 1 yang tiada duanya ialah Allah SWT
  2. 2 yang tiada 3 nya ialah malam dan siang. Allah SWT berfirman: Dan kami(Allah) jadikan untuk malam dan siang yaitu bulan dan matahari sebagai 2 tanda kebesaran kami(Allah). (al. Isro’ :12)
  3. 3 yang tiada 4 nya adalah kekhilafan yang dilakukan Nabi Musa ketika Nabi Khidir menenggelamkan sampan, membunuh seorang anak kecil, dan ketika menegakkan kembali dinding yang hampir roboh.
  4. 4 yang tiada 5 nya adalah Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Qur’an
  5. 5 yang tiada 6 nya ialah sholat 5 waktu
  6. 6 yang tiada 7 nya ialah jumlah hari ketika Allah SWT menciptakan makhluk
  7. 7 yang tiada 8 nya ialah langit yang 7 lapis. Allah SWT menjadikan pada 7 beberapa langit dengan tumpuk-tumpuk. Muhammad, kamu (Muhammad SAW) tidak akan melihat didalam ciptaanKu itu cacat. (Al- Mulk: 3)
  8. 8 yang tiada 9 nya ialah malaikat pemikul Arsy-Nya Allah. Allah SWT berfirman: dan adapun para malaikat itu berada di penjurunya langit. Di hari itu, 8 malaikat memikul Arsy-Nya Allah (Al-Haqqoh: 17)
  9. 9 yang tiada  10 nya ialah mukjizat yang diberikan pada nabi Musa: tongkat yang bisa berubah menjadi ular, membelah lautan, tangan yang bercahaya, angin topan, musim paceklik, banjir katak, darah, kutu, dan belalang, 
  10. Sesuatu yang tidak lebih dari 10 ialah kebaikan. Allah SWT berfirman: barang siapa yang berbuat kebaikan maka baginya dilipat gandakan menjadi 10 kali lipat (Al-An’am: 160)
  11. 11 yang tiada 12 nya ialah jumlah saudara Nabi Yusuf a.s
  12. 12 yang tiada 13 nya ialah mu’jizat nabi Musa yang terdapat didalam firman Allah dan ingatlah, ketika Nabi Musa memohon air untuk kaumnya,lalu kami (Allah) berfirman: pukullah batu itu dengan tongkatmu, lalu memancarlah 12 mata air (al-baqoroh: 60)
  13. 13 yang tiada 14 nya ialah jumlah saudara nabi Yusuf ditambah dengan ayah dan ibunya.
  14. Sesuatu yang dapat bernafas namun tidak memiliki ruh ialah waktu subuh. Allah berfirman, demi waktu subuh jetika fajarnya mulai menyingsing (At-Takwir: 18)
  15. Yang dimaksud dengan kuburan berjalan membawa isinya adalah ikan yang menelan Nabi Yunus a.s
  16. Mereka yang berdusta namun masuk ke dalam surga adalah saudara-sauadara Yusuf. Yakni ketika  mereka berkata pada ayahnya, “Wahai ayah kami, sesungguhnya kami pergi berlomba2 dan meninggalkan Yusuf dengan barang-barang kami, lalu dy dimakan srigala. Setelah kedustaan terungkap, Yusuf berkata pada mereka ,”Tidak ada cercaan untuk kalian”. Lalu ayah mereka (Ya’qub) berkata aku akan memohonkan ampun pada Allah. Sesungguhnya Dia maha pengampun lagi maha penyayang”.
  17. Sesuatu yg diciptakan Allah namun Allah tidak menyukainya ialah suara khimar. Allah berfirman, sesungguhnya sejelek-jeleknya suara ialah suara khimar (Luqman: 19)
  18. Yang diciptakan Allah dengan tanpa ayah dan ibu ialah Nabi Adam, malaikat, unta Nabi Sholih, dan kambing Nabi Ibrahim.
  19. Yang tercipta dari api adalah Iblis, yg diazab dg api adalah Abu jahal, dan yang terpelihara dari api ialah Nabi Ibrahim. Allah SWT berfirman, dinginlah dan selamatkanlah Nabi Ibrahim (Al-Anbiya’ : 69)
  20. Yang tercipta dari batu ialah Unta Nabi Sholih, yg diazab dengan batu ialah Tentara bergajah,dan yang terpelihara dari batu ialah Ashabul kahfi, penghuni gua.
  21. Sesuatu yg diciptkan Allah dan dianggap besar adalah tipu daya wanita. Sesuai dengan firman Allah SWT, sesungguhnya tipu daya wanita itu sangatlah besar (Yusuf: 28)
  22. Pohoh  yg memiliki 12 ranting, Setiap ranting memiliki 30 daun, setiap daun mempunyai 5 buah, 3 dibawah naungan, dan 2 dibawah sinar matahari maknanya adalah pohon ialah tahun, ranting adalah bulan, daun adalah hari, buahnya adalah solat 5 waktu. 3 dikerjakan saat tidak ada matahari (Solat subuh, Maghrib, isya), dan 2 lainnya dikerjakan disiang hari (sholat dhuhur dan Ashar).

Para hadirin merasa takjub mendengar  jawaban pemuda muslim tersebut. Kemudian dia pamit dan beranjak hendak pergi, tapi dia mengurungkan niatnya dan meminta pada pendeta untuk menjawab 1 pertanyaan saja. Permintaan ini disetujui oleh pendeta. Pemuda ini berkata, “apakah kunci surga itu?” mendengar pertanyaan pemuda itu, lidah sang pendeta menjadi kelu, hatinya diselimuti keraguan, dan rona wajahnya pun berubah.

Dia berusaha menyembunyikan kekhawatirannya namun hasilnya nihil. Orang-orang yang ada di gereja itu terus mendesak pendeta untuk menjawab. Namun, Pendeta mencoba mengelak. Mereka berkata, “Anda telah melontarkan 22 pertanyaan dan semuanya dia jawab, sementara dia hanya memberimu 1 pertanyaan, tapi anda tidak mampu untuk menjawabnya. Pendeta tersebut berkata, sungguh aku mengetahui jawaban tersebut, tapi aku takut kalian marah. Mereka menjawab, “kami akan jamin keselamatan anda”. Sang pendeta pun menjawab, “jawabannya adalah asyhadu ‘alaa ilaaha illallahu waasyhadu anna muhammadar rosulullah”.  

Lantas  seorang pendeta dan orang-orang yang hadir di gereja itupun langsung secara serentak memeluk agama islam. Allahu Akbar! Sungguh Allah telah menganugrahkan kebaikan dan menjaga mereka dengan islam melalui tangan seorang pemuda muslim yang bertaqwa. Semoga kisah nyata ini menambah kuat iman kita sebagai seorang muslim. Aamiin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar