Paging

Kamis, 27 November 2014

Sosok Public Figure Wanita yang Mendunia

Sekarang ini, kita sangat mengenal public figure wanita baik berskala nasional maupun internasional. Tapi, apakah kita mengenal public figure yang mendunia? Mereka adalah Khadijah istri pertama Nabi, Aisyah binti  Abu Bakar Siddiq, dan Fatimah putri Nabi. Mereka adalah sosok public figure yang dijadikan teladan inspiratif bagi kaum hawa. Termasuk diantaranya adalah, Asiyah istri Fir’aun dan Maryam Ibu Nabi Isya adalah seorang wanita  yang sangat fenomenal.

Khadijah binti  Khawalid termasuk wanita super dan istimewa. Pemimpin wanita di alam semesta di masanya dan dijuluki “Wanita yang suci.” Dia adalah seorang wanita yang cerdas lagi mulia serta memiliki sopan santun yang tinggi. Dia seorang wanita yang kaya raya. Khadijah adalah manusia pertama yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya sekaligus orang yang pertama masuk Islam. Istri yang tercinta dan beriman tersebut berdiri di sisi Nabi Muhammad SAW sang suami tercinta, untuk memberikan pembelaan dan bantuan. Menolongnya dalam menghadapi siksaan dan gangguan yang sangat bengis.
 
Siti Aisyah, dia adalah pengajar kaum laki-laki. Wanita yang jujur, anak dari sahabat paling berpengaruh ini memiliki banyak keistimewaan yang telah dicatat  sejarah, khalifah Rasulullah, Abu Bakar Siddiq.  Dia adalah wanita yang namanya dibersihkan dari tujuh lapis langit. Sebagai wanita biasa yang menjalani  kehidupan rumah tangga dengan Rasulullah. Beliau  menuai banyak   lika-liku yang kerap dihadapinya. Cemburu, fitnah dan ancaman yang  sering kali beliau rasakan menjadikan  Aisyah terbiasa sabar dan kuat menghadapi  segala aral melintang.  Aisyah memiliki kelebihan yang tidak dimiliki wanita-wanita di dunia ini, bahkan oleh istri-istri nabi sekalipun.

Fatimah zahra binti Rasulullah, Dia menjadi teladan yang mengagumkan dan contoh paling tinggi bagi kita. Dia menjadi teladan sebagai istri salihah dan bersabar dalam kehidupan yang sulit. Beliau merupakan teladan yang tinggi dalam berhubungan yang baik dengan para tetangga dan kerabat. Fatimah  adalah potret wanita  sederhana, sabar dan pemberani, beliau merupakan  satu-satunya perempuan yang tidak pernah meninggalkan kewajiban salat fardu dan puasa ramadan disamping sunnah-sunnah lainnya.

Berbeda dengan wanita biasa yang mengalami masa Haid, Fatimah tidak pernah mengalami masa haid sehingga dalam kehidupannya beliau tidak pernah absen melakukan kewajiban-kewajiban agamanya (kelainan ini “Tidak haid” bukan karena penyakit, melainkan mukjizat Nabi). Keistimewaan ini menjadikan  Rasulullah  memberikan gelar khusus pada Fatimah yaitu  al-batul (salah satu maknanya adalah orang suci).

                                                                                                                                          (bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar