Paging

Sabtu, 22 November 2014

Partner Terbaik Perusahaan Tekstil

Pernah denger standar OEKO-TEX®? Dengan standar OEKO-TEX, produk tersebut dipastikan memiliki bahan yang aman untuk kulit alergi dan sensitif. Tapi, kayak gimana sii standar pewarna Oekotex itu?

Standar pewarna Oekotex itu standar awal untuk sertifikasi produk. Sistem pengujian dan sertifikasi Standar OEKO-TEX® 100 bersifat suka rela didasarkan pada tanggung jawab individu dari masing-masing produsen di sepanjang rantai produksi tekstil. Dalam kriteria pengujian dijelaskan bahwa Katalog Pengujian mengikat secara internasional menurut Standar OEKO-TEX® 100 berdasarkan atas parameter-parameter yang terbukti secara ilmiah dan disesuaikan setiap tahun menurut penelitian dan peraturan terbaru.

Katalog kriterianya meliputi:

  • zat-zat yang dilarang undang-undang, misalnya bahan pewarna penyebab kanker
  • bahan kimia yang diatur undang-undang, misalnya formaldehid, pelembut pakaian, logam berat, atau pentaklorofenol
  • zat-zat yang diketahui berbahaya bagi kesehatan, tetapi belum diatur atau dilarang oleh undang-undang, misalnya pestisida, bahan pewarna penyebab alergi, atau senyawa organik timah
  • Parameter-parameter seperti ketidaklunturan dan nilai PH yang tidak menyebabkan iritasi kulit, yang merupakan tindakan-tindakan pencegahan untuk melindungi kesehatan konsumen

Secara keseluruhan, kriteria pengujian ini melampaui hukum yang ada dan telah sering menjadi pelopor dalam hal peraturan hukum - misalnya, dengan pelarangan pewarna-Azo penyebab kanker,  pembatasan yang ketat untuk formaldehid begitu pula pelarangan pewarna penyebab alergi.

Jika terjadi perubahan mutu pada produk yang disertifikasi akibat perubahan teknik pengolahan, penggunaan formula baru, atau bahan pewarna dan bahan aditif yang lain, maka produk tekstil harus diuji ulang oleh lembaga penguji yang semestinya, dan sifat-sifat produk tersebut didokumentasikan dalam sertifikat yang diperluas cakupannya.

Untuk memastikan konsistensi pengujian yang seragam secara global serta kesesuaian dengan kriteria pengujian, Asosiasi OEKO-TEX® dengan 16 lembaga anggotanya menjalankan Manajemen Mutu yang canggih; mulai dari pemerikasaan antar-laboratorium saat audit-perusahaan yang mendapat sertifikasi OEKO-TEX®, sampai tes pengendalian di toko. Mengingat pengujian Oeko-Tex® tersebar secara global, maka perlindungan hak merek dagang serta pemantauan terhadap penyalahgunaan label, mendapatkan prioritas yang tinggi.

source: www.oeko-tex.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar